Pagoda Avalokitesvara Tertinggi Di Indonesia

Pagoda Avalokitesvara Tertinggi Di Indonesia

Semarang adalah surganya gedung-gedung dengan arsitektur yang indah dan artistik. Contohnya adalah Masjid Agung Jawa Tengah, Lawang Sewu, Klenteng Sam Poo Kong, dan banyak bangunan di Kota Lama, yang semua berada di dekat pusat kota Semarang. Semarang juga memiliki Pagoda Avalokitesvara di pinggir kota. Ini terletak di depan Makodam IV Diponegoro Semarang.

Jika Anda berasal dari Simpang Lima, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar tiga puluh menit untuk sampai ke tempat yang dekat dengan perbatasan Kabupaten Ungaran ini. Pagoda ini mudah ditemukan karena tingginya yang mencolok. Kompleks Vihara Buddhagaya Watugong terdiri dari pagoda Avalokitesvara ini.

Dengan ketinggian 45 meter, pagoda Avalokitesvara adalah pagoda tertinggi di Indonesia. Konstruksi ini, yang dimulai pada tahun 2005, hanya membutuhkan waktu kurang dari setahun untuk selesai dan diresmikan pada tahun 2006. Pagoda memiliki tujuh tingkat struktur, dengan patung Dewi Welas Asih berada di tingkat kedua hingga keenam. Pagoda tersebut juga memiliki dua puluh patung Kwan Im.

Tujuan pemasangan Dewi Welas Asih ini adalah untuk melindungi Kota Semarang dari angin, karena Dewi yang selalu menebarkan cinta kasih ini berdiri di hadapan mata angin. Bangunan ini merupakan pelengkap ruang Metta Karuna di Vihara Avalokitesvara Srikukusrejo Gunung Kalong.

| Baca : Kebun Binatang Jurug Taman Keluarga Andalan Kota Solo

Lokasi dan Akses

Pagoda Avalokitesvara berada di kompleks Vihara Buddhagaya Watugong, yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Untuk mengakses Pagoda Avalokitesvara, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Dari Stasiun Tawang, Semarang:
    • Anda bisa menggunakan taksi atau transportasi online dengan waktu tempuh sekitar 30 menit tergantung kondisi lalu lintas.
  2. Dari Bandara Ahmad Yani, Semarang:
    • Sama seperti dari stasiun, Anda dapat menggunakan taksi atau transportasi online, perjalanan akan memakan waktu sekitar 20 hingga 30 menit.
  3. Menggunakan Kendaraan Pribadi:
    • Jika Anda membawa kendaraan pribadi, gunakan aplikasi navigasi atau peta digital dan masukkan alamat Vihara Buddhagaya Watugong sebagai tujuan.
  4. Dengan Transportasi Umum:
    • Anda dapat menggunakan bus kota atau angkutan umum lainnya yang memiliki rute menuju Banyumanik yang melintasi Vihara Buddhagaya Watugong.

Sebaiknya periksa jam buka vihara sebelum berkunjung dan persiapkan rencana alternatif jika ada perubahan jadwal atau rute karena kondisi tertentu. Jangan lupa untuk mematuhi tata tertib dan etika saat berkunjung ke tempat ibadah serta tempat wisata religi.

Pagoda Avalokitesvara ini memiliki banyak keistimewaan. Di antaranya adalah patung burung hong dan kilin, serta relief batu yang menggambarkan sembilan naga, kolam naga, lampu, air mancur, genteng, dan aksesori. Akibatnya, Pagoda Avalokitesvara ini menjadi salah satu tujuan wisata religius dan merupakan salah satu kebanggaan masyarakat Semarang dan Jawa Tengah secara keseluruhan.

Leave A Comment