Omah Cantrik “Kenyamanan Kampung Jawa yang Estatik dan Instagrammable”

Omah Cantrik “Kenyamanan Kampung Jawa yang Estatik dan Instagrammable”

Omah Cantrik, sebuah permata tersembunyi di jantung Yogyakarta, menjanjikan sebuah pengalaman menginap yang unik dan berkesan bagi para pengunjungnya. Berdiri di tengah suasana alami yang menenangkan, tempat ini menghadirkan keindahan arsitektur Jawa yang klasik dengan sentuhan modern, menciptakan harmoni sempurna antara tradisi dan kemodernan. Menjadi tempat peristirahatan yang ideal untuk mereka yang mencari ketenangan jauh dari hiruk-pikuk kota, Omah Cantrik tidak hanya menawarkan kenyamanan, tetapi juga pengalaman mendalam ke dalam kekayaan budaya Yogyakarta. Dengan pelayanan yang hangat dan fasilitas yang lengkap, tempat ini siap memanjakan setiap tamu yang datang, menjadikannya destinasi yang sempurna bagi pencinta keindahan dan ketenangan.

Daya Tarik Omah Cantrik

Daya Tarik Utama Omah Cantrik:

  • Kombinasi Alam dan Budaya: Keindahan alam Yogyakarta dipadukan dengan keaslian budaya lokal.
  • Tour Desa dengan VW Safari: Menyusuri pedesaan dengan mobil VW Safari, menikmati pemandangan sawah dan perkebunan.
  • Restoran Gaya Pedesaan: Menawarkan pengalaman makan dalam suasana pedesaan tradisional dengan nuansa klasik.
  • Keaslian Arsitektur Jawa: Bangunan dengan arsitektur Jawa klasik yang dilengkapi dengan sentuhan modern.
  • Ketenangan dan Kenyamanan: Tempat ideal untuk mencari ketenangan dan kenyamanan jauh dari hiruk-pikuk kota.
  • Pelayanan Hangat: Komitmen pada kepuasan tamu dengan pelayanan yang hangat dan perhatian terhadap detail.
  • Keramahan Lokal: Pengalaman imersif ke dalam kekayaan budaya Yogyakarta melalui interaksi dengan komunitas lokal.

Kegiatan dan Atraksi di Omah Cantrik

Berikut ini adalah kegiatan dan atraksi yang bisa dinikmati saat berkunjung ke Omah Cantrik:

  1. Susur Desa dengan VW Safari: Pengunjung dapat mengikuti Fun Trip VW Safari untuk menjelajahi desa dan menikmati pemandangan sawah serta perkebunan warga Nanggulan yang mengesankan.
  2. Spot Foto Instagramable: Omah Cantrik menawarkan banyak spot foto yang menarik dan Instagramable, menjadikannya lokasi yang cocok untuk pengunjung yang gemar berfoto.
  3. Pengalaman Bertani: Untuk mereka yang tertarik dengan pertanian, Omah Cantrik menyediakan kegiatan interaktif seperti menanam atau memanen bersama penduduk lokal.
  4. Akomodasi Bergaya Rumah Pedesaan: Tempat ini juga menawarkan akomodasi bagi pengunjung yang ingin menginap, dimana mereka dapat menikmati kesederhanaan dan kenyamanan rumah-rumah desa yang telah disesuaikan untuk kebutuhan modern.
  5. Kulineran: Di restoran Omah Cantrik, pengunjung bisa menikmati konsep prasmanan dengan beragam pilihan menu. Beberapa di antaranya termasuk nasi sayur, sayur lodeh, sayur kates atau pepaya oseng, ikan nila, dan ikan lele. Ada juga opsi untuk memesan hidangan a la carte seperti mie Jawa. Untuk makanan ringan, tersedia juga makanan khas Kulon Progo dengan harga mulai dari Rp 6.000-an.
  6. Beli Oleh-Oleh Kerajinan Tangan: Selama kegiatan menyusuri desa menggunakan VW Safari, pengunjung akan dibawa mengunjungi pengrajin bambu dan pandan. Di sini, tersedia aneka oleh-oleh yang bisa dibeli, termasuk peralatan rumah tangga dari kerajinan bambu dan item-item dekoratif seperti karpet atau vas yang terbuat dari pandan.
  7. Seni Siluet Kertas: Omah Cantrik mempunyai Artisan  yang menawarkan jasa pembuatan siluet kertas. Dibandrol harga Rp 30.000 /orang, pengunjung bisa mendapatkan kertas unik yang telah digunting Artisan tersebut sehingga membentuk siluet wajah wisatawan. Pembuatan siluet ini terbilang cepat, hanya memerlukan waktu sekitar 5 – 7 menit, sehingga banyak wisatawan tertarik untuk memilikinya sebagai kenang-kenangan atau oleh-oleh yang unik.Kegiatan tersebut menambah kesempatan bagi pengunjung untuk merasakan secara langsung kebudayaan dan kreativitas masyarakat lokal di Kulon Progo, Yogyakarta.

Alamat dan Rute

Alamat

Kabupaten Kulon Progo – Turus, RT.13/RW.05, Tj. Gn., Kelurahan Tanjungharjo, Kecamatan Nanggulan, Yogyakarta 55671

Rute

Untuk menuju Omah Cantrik yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Anda bisa mengikuti beberapa rute tergantung dari titik awal perjalanan Anda. Berikut adalah panduan rute umum menuju Omah Cantrik dari Yogyakarta:

Dari Pusat Kota Yogyakarta:

  1. Melalui Jalan Wates (Rute Utama):
    • Mulai dari pusat kota Yogyakarta, ambil arah menuju Jalan Wates atau Jalan Kyai Mojo menuju Barat.
    • Ikuti Jalan Wates (Jalan Nasional III) yang akan melewati beberapa daerah seperti Gamping, Ambarketawang, hingga Anda mencapai Kabupaten Kulon Progo.
    • Teruskan perjalanan hingga Anda menemukan petunjuk arah menuju lokasi Omah Cantrik sesuai penanda di jalan atau peta digital yang Anda gunakan.
  2. Melalui Jalan Godean (Alternatif Jika Anda Ingin Menghindari Kemacetan di Jalan Wates):
    • Dari pusat kota Yogyakarta, arahkan kendaraan Anda ke Jalan Godean.
    • Jalur ini akan membawa Anda melewati daerah Godean dan Nanggulan.
    • Dari Nanggulan, Anda bisa mengikuti rute lokal yang akan mengarah ke Kulon Progo dan melanjutkan pencarian petunjuk arah menuju Omah Cantrik.

Navigasi Digital:

Menggunakan aplikasi navigasi digital seperti Google Maps adalah opsi yang sangat direkomendasikan untuk menemukan rute terbaik dan terbaru serta kondisi lalu lintas secara real-time. Cukup masukkan “Omah Cantrik” pada aplikasi navigasi Anda untuk mendapatkan arah dan estimasi waktu perjalanan.

Catatan Penting:

  • Rute dan kondisi jalan dapat berubah tergantung pada pembangunan infrastruktur dan kondisi lalu lintas.
  • Pertimbangkan cuaca dan kondisi lalu lintas saat merencanakan perjalanan Anda.
  • Kulon Progo memiliki tempat wisata hits dan populer seperti Pule Payung, Tumpeng Menoreh, jadi maksimalkan liburan anda apabali di Kulonprogo

Omah Cantrik menawarkan pengalaman unik dan berharga bagi setiap pengunjung yang ingin mengeksplorasi keindahan alam serta kekayaan budaya Kulon Progo, Yogyakarta. Dengan berbagai aktivitas, mulai dari wisata alam, kulineran otentik, hingga belajar langsung mengenai kerajinan tangan lokal, tempat ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menyatu dengan tradisi dan cara hidup masyarakat setempat. Tidak hanya sekadar destinasi wisata, Omah Cantrik adalah perwujudan nyata keharmonisan alam dan budaya yang layak untuk dikunjungi oleh siapa saja yang rindu akan suasana asri dan ingin mempelajari lebih dalam tentang kearifan lokal Kulon Progo. Sehingga, berlibur ke Omah Cantrik bukan hanya tentang menikmati keindahan alamnya, tetapi juga tentang membawa pulang pengalaman berharga dan cerita yang akan selalu diingat.

Leave A Comment