Pinus Longaeva Pohon Tertua Di Dunia Berusia 5 000 Tahun

Pinus Longaeva Pohon Tertua Di Dunia Berusia 5 000 Tahun

jika Anda menginginkan untuk melihat pohon tertua di Bumi. Diperkirakan berumur 5.000 tahun. Pohon bernama Great Basin Bristlecone Pines, atau juga disebut Pinus Longaeva, memiliki batang kayu yang melintir berulir dan merupakan jenis pinus yang tahan lama. Pinus Longaeva ini tumbuh secara eksklusif di daerah pegunungan kering di enam negara bagian di barat Amerika Serikat.

Namun, pohon tertua dapat ditemukan di Hutan Pohon Bristlecone Tua di Hutan Putih California, AS. Pohon-pohon ini memiliki kemampuan yang luar biasa untuk bertahan hidup dalam kondisi yang sangat kering dan cuaca ekstrim. Beberapa pohon pinus ini diyakini berusia lebih dari 5.000 tahun. Pinus bristlecone tumbuh di ketinggian 1.524 hingga 3.048 meter persegi di bawah batas vegetasi. Di ketinggian ini, tanah kering dan angin kencang. Cuaca ekstrem memperlambat pertumbuhan pohon Pinus Bristlecone.

| Baca : Hutan Pinus Imogiri Pesona Lain Dari Wisata Jogja

Yang menarik adalah daun yang berada di ujung ranting dapat tetap hijau selama empat puluh tahun. Kayu Pinus Bristlecone juga kuat. Jadi pohon ini tahan terhadap serangga, jamur, dan hama. Ketahanan ekstrem kayu inilah yang menentukan usia panjang pohon. Ketika pohon di sekitar pohon Pinus Longaeva mati hingga membusuk, pohon Pinus Bristlecone tetap hidup di akarnya selama berabad-abad. Pohon ini berubah menjadi bentuk yang unik daripada membusuk. Batang Pinus Bristlecone akan membentuk bentuk melengkung.

| Baca : Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Pengger Jogja

Sejumlah besar fotografer, pelukis, dan seniman lainnya tertarik pada bentuk yang unik ini. Saat ini, pengunjung dapat melihat Pinus Bristlecone yang telah dilindungi di beberapa wilayah yang dimiliki pemerintah federal AS. Di Great Basin National Park di Nevada, AS, dan di White Mountains of California, ada Ancient Bristlecone Pine Forest.

Leave A Comment