Labuan Bajo Terkenal Keindahan dan Keunikan Berpetualang Ke Pulau Komodo

Labuan Bajo Terkenal Keindahan dan Keunikan Berpetualang Ke Pulau Komodo

Sebagai ibu kota kabupaten Manggarai Barat, Labuan Bajo terletak di ujung paling barat Pulau Flores. Sebagian besar penduduknya mencari nafkah di atas air. Jumlah kano, kapal layar, dan perahu bermotor yang bervariasi di teluk menunjukkan hal ini. Kota ini terkenal karena menjadi pintu masuk ke Taman Nasional Komodo, sebuah situs warisan dunia UNESCO yang terkenal dengan hewan Komodo purba.

Labuan Bajo adalah titik Petualangan untuk perjalanan yang mengesankan ke Pulau Komodo dan Pulau Rinca, tempat asal komodo yang terkenal. Selain Komodo (Varanus komodensis), daya tarik utama di daerah ini adalah kehidupan laut yang luar biasa. Pulau  Komodo memang surga bagi para penyelam dan snorkeller. Beberapa operator menawarkan  pulau dengan kapal dari Labuan Bajo dan memberi kesempatan menyelam dan snorkeling yang luar biasa: Pulau Bidadari, Pulau Seraya, Pulau Sabolo di Utara Labuan Bajo, dan Kanawa dan Sebayur menuju ke Barat. Di selatan, rute ke Rinca terdapat pulau yang menjadi kalong dari koloni “flying foxes”, kelelawar besar yang bisa terlihat terbang jauh saat senja.Dalam beberapa tahun terakhir, Labuan Bajo berangsur-angsur berubah menjadi tempat yang sibuk karena kehadiran para penyelam dan meningkatnya jumlah pengunjung ke Pulau Komodo. Saat ini, kota ini menawarkan berbagai macam fasilitas wisata.

Labuan Bajo terkenal dengan apa?

Keindahan alam

Labuan Bajo terkenal dengan keindahan alamnya, terutama Taman Nasional Komodo yang menjadi rumah bagi komodo, hewan langka yang hanya ada di Indonesia. Selain itu, Labuan Bajo juga memiliki pantai yang indah, seperti Pantai Pink yang terkenal dengan pasirnya yang berwarna pink.

Aktivitas penyelaman

Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi penyelaman terbaik di Indonesia. Terdapat banyak situs penyelaman yang menawarkan pemandangan bawah laut yang spektakuler, termasuk terumbu karang yang indah dan kehidupan laut yang beragam.

Pulau-pulau indah

Labuan Bajo merupakan pintu gerbang untuk menjelajahi pulau-pulau di sekitar wilayah ini. Mulai dari Pulau Padar yang terkenal dengan pemandangan bukit berundak, Pulau Rinca yang merupakan rumah bagi komodo, hingga Pulau Kanawa yang menawarkan keindahan pantai berpasir putih.

Wisata kapal pesiar

Labuan Bajo juga menjadi pusat keberangkatan kapal pesiar yang menawarkan perjalanan menyusuri Kepulauan Komodo. Kapal pesiar ini menyediakan fasilitas mewah dan memungkinkan wisatawan untuk menikmati pemandangan alam yang menakjubkan dari laut.

Kuliner

Labuan Bajo juga terkenal dengan kuliner lautnya yang lezat. Wisatawan dapat menikmati hidangan laut segar, seperti udang goreng, cumi bakar, ikan bakar,  dan kepiting saus Padang, di restoran-restoran lokal yang tersebar di kota ini.

Pemandangan matahari terbenam

Labuan Bajo memiliki pemandangan matahari terbenam yang indah. Banyak wisatawan yang berkumpul di dermaga untuk menyaksikan matahari terbenam yang mempesona, sambil menikmati minuman segar dan makanan ringan.

Aktivitas petualangan: Labuan Bajo menawarkan berbagai aktivitas petualangan, seperti hiking di bukit-bukit sekitar yang menawarkan pemandangan spektakuler, atau snorkeling di perairan yang

Keunikan Labuan Bajo

Keindahan alam yang luar biasa

Labuan Bajo terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Dari pantai berpasir putih yang cantik hingga perairan laut yang jernih dan pulau-pulau eksotis, Labuan Bajo menawarkan pemandangan alam yang spektakuler.

Taman Nasional Komodo

Labuan Bajo menjadi gerbang utama menuju Taman Nasional Komodo, rumah bagi komodo, spesies kadal terbesar di dunia. Ini adalah satu-satunya tempat di dunia di mana Anda dapat melihat komodo di habitat aslinya.

Snorkeling dan diving di Taman Nasional Komodo

Labuan Bajo merupakan surganya para penyelam dengan terumbu karang yang indah dan kehidupan laut yang beragam. Terdapat banyak spot menyelam yang menawarkan pengalaman tak terlupakan, termasuk menyelam bersama hiu paus dan melihat manta ray.: Labuan. Bajo terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Wisatawan dapat melakukan snorkeling dan diving di Taman Nasional Komodo untuk melihat keajaiban alam bawah laut, termasuk terumbu karang yang indah dan keberagaman hayati.

Pulau-pulau cantik di sekitar Labuan Bajo

Labuan Bajo dikelilingi oleh pulau-pulau yang mempesona seperti Pulau Padar, Pulau Rinca, dan Pulau Kanawa. Setiap pulau memiliki keunikan dan kecantikan sendiri, dan menjelajahi pulau-pulau ini adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan di Labuan Bajo.

Budaya dan masyarakat Flores

Desa Wae Rebo - Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur

Desa Wae Rebo – Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur | Instagram 📷 @jojiejoo

| Baca : Danau Sano Nggoang Danau Terluas Dan Terdalam Yang Membara Di Nusa Tenggara Timur

Labuan Bajo terletak di pulau Flores yang kaya akan budaya dan tradisi. Wisatawan dapat mengunjungi desa-desa tradisional dan berinteraksi dengan penduduk setempat untuk memahami lebih lanjut tentang kehidupan sehari-hari dan warisan budaya Flores.

Wae Rebo adalah desa tradisional Manggariman terakhir yang tersisa dengan rumah-rumah tradisional. Terletak di ketinggian 1.125 meter di atas permukaan laut di Hutan Konservasi Alam. Terdapat  tujuh rumah tradisional, yang disebut ‘Mbaru Tembong’ dan masing-masing rumah ini menampung lebih dari satu keluarga. Orang-orang hidup pada produk pertanian seperti kopi, talas dan sayuran.

Pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan

Labuan Bajo terkenal dengan matahari terbenam yang indah. Dengan latar belakang pulau-pulau dan perairan laut yang menakjubkan, menikmati matahari terbenam di Labuan Bajo adalah pengalaman yang tak terlupakan.

Aktivitas Liburan Seru di Labuan Bajo

Mengunjungi Pulau Komodo

Labuan Bajo adalah gerbang menuju Pulau Komodo, rumah bagi kadal komodo yang langka. Wisatawan dapat mengunjungi pulau ini untuk melihat kadal komodo secara langsung dan menikmati pemandangan alam yang spektakuler.

Menyaksikan sunset di Bukit Amelia

Bukit Amelia adalah tempat yang populer untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Dari atas bukit ini, wisatawan dapat melihat pemandangan laut yang luas dan langit yang indah saat matahari terbenam

Mengunjungi Pulau Padar

Pulau Padar adalah salah satu pulau terindah di Labuan Bajo. Wisatawan dapat melakukan pendakian ke puncak pulau untuk menikmati pemandangan panorama yang menakjubkan, termasuk pantai berpasir putih, tebing curam, dan air laut berwarna biru jernih.

Menyewa perahu untuk menjelajahi Kepulauan Komodo

Wisatawan dapat menyewa perahu tradisional atau speedboat untuk menjelajahi keindahan Kepulauan Komodo. Perjalanan ini akan membawa wisatawan ke pulau-pulau terpencil yang jarang dikunjungi, pantai-pantai yang eksotis, dan spot snorkeling yang menakjubkan.

Mengunjungi Desa Wae Rebo

Desa Wae Rebo adalah desa adat yang terletak di pegunungan dan diakui sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO. Wisatawan dapat mengunjungi desa ini untuk belajar tentang kehidupan dan budaya suku Manggarai, serta menikmati panorama alam yang menakjubkan.

Menikmati kuliner lokal

Menawarkan berbagai kuliner lezat yang memikat para wisatawan. Dikenal sebagai pintu gerbang ke Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo juga dikenal dengan kekayaan kuliner yang menggugah selera. Wisatawan dapat menikmati hidangan seafood segar yang diolah dengan cita rasa yang khas. Ikan, udang, dan cumi-cumi segar diolah dengan berbagai cara, seperti bakar, goreng, atau dijadikan sambal. Selain hidangan laut, Labuan Bajo juga menawarkan hidangan tradisional Nusa Tenggara Timur yang lezat seperti nasi bungkus, sate burung, dan sayur kelor. Tempat makan di Labuan Bajo juga menawarkan pemandangan yang spektakuler, dengan banyak restoran yang terletak di tepi pantai atau di atas bukit menghadap ke laut. Dengan kombinasi antara hidangan lezat dan pemandangan yang indah, kuliner Labuan Bajo menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung yang ingin merasakan kekayaan kuliner Nusa Tenggara Timur.

Menyelam di Taman Nasional Komodo

Salah satu aktivitas wisata yang paling populer di Labuan Bajo adalah menyelam di Taman Nasional Komodo. Dengan air yang jernih dan keanekaragaman hayati yang luar biasa, para pengunjung dapat menikmati pemandangan terumbu karang yang menakjubkan dan berinteraksi dengan ikan-ikan eksotis serta spesies laut lainnya.

Mendaki ke Bukit Wae Rebo

Bagi para pecinta alam dan petualang, mendaki ke Bukit Wae Rebo adalah kegiatan yang sangat menarik. Dengan trekking yang menantang, pengunjung akan dihadapkan dengan pemandangan alam yang spektakuler, termasuk hutan tropis yang lebat dan air terjun yang indah. Di puncak bukit, terdapat desa adat Wae Rebo yang terkenal dengan rumah tradisionalnya yang unik.

Menyaksikan Matahari Terbenam di Pulau Padar

Pulau Padar adalah salah satu pulau yang paling indah di Labuan Bajo. Aktivitas yang sangat disarankan adalah menyaksikan matahari terbenam yang menakjubkan di pulau ini. Dengan pemandangan puncak bukit yang menjulang tinggi, pantai berpasir putih, dan air laut yang biru jernih, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang memukau.

Mengunjungi Pulau Kanawa

Pulau Kanawa adalah surga tersembunyi di Labuan Bajo. Dengan pantai yang bersih dan air laut yang cerah, pulau ini merupakan tempat yang sempurna untuk berenang, snorkeling, atau sekadar bersantai di tepi pantai. Pulau Kanawa juga memiliki resor yang nyaman, sehingga pengunjung dapat menghabiskan waktu semalam di sana untuk merasakan keindahan pulau secara menyeluruh.

Sebagian besar orang yang pergi ke Labuan Bajo dan orang Barat yang memiliki bisnis di sana mengatakan bahwa kota itu berkembang, menguntungkan, dan bahkan romantis. Percakapan malam dengan rekan-rekan perjalanan menjadi pengalaman yang tak terlupakan ketika Anda berada di pondok kayu dengan atap jerami di kota yang landai dengan pemandangan pelabuhan yang indah. Labuan Bajo mungkin menjadi tempat liburan yang ideal bagi para petualang.

Menjelajahi Gua Batu Cermin

Bagi para penggemar eksplorasi, mengunjungi Gua Batu Cermin adalah kegiatan yang menarik. Gua ini terkenal dengan stalaktit dan stalagmit yang menakjubkan, serta cermin alami yang terbaik

Trekking Gunung  Mbeliling

Air Terjun Cunca Rami dan Danau Kawah sangat cocok untuk eco-adventures. Gunung, danau, dan air terjun Manggarai menawarkan banyak rute hiking dan trekking yang sesuai dengan semua tingkat pengalaman pejalan kaki.

Menyaksikan pertunjukan lumba-lumba di Pulau Kanawa

salah satu daya tarik terbesar Pulau Kanawa adalah pertunjukan lumba-lumba yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Pertunjukan ini menampilkan kelucuan dan kecerdasan lumba-lumba yang luar biasa. Lumba-lumba menari dan melompat di atas air dengan anggun, menarik perhatian semua orang yang menyaksikannya. Selain itu, pengunjung juga dapat berinteraksi langsung dengan lumba-lumba ini, memberi mereka kesempatan unik untuk melihat secara dekat kehidupan dan kecerdasan hewan yang menakjubkan ini. Pertunjukan lumba-lumba di Pulau Kanawa adalah pengalaman yang tak terlupakan dan akan meninggalkan kesan mendalam bagi siapa saja yang menyaksikannya.

Berlayar ke Pulau Rinca untuk melihat keberadaan komodo

Komodo - Pulau Rinca Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur

Komodo – Pulau Rinca Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur | @manziebert

| Baca : Pantai Penggajawa Pantai Yang Sangat Unik Dengan Hamparan Batu Hijau Biru Yang Indah Di Flores

Pulau Rinca, yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara, Indonesia, merupakan rumah bagi salah satu hewan purba yang paling langka dan menakjubkan di dunia, yakni komodo. Keberadaan komodo di pulau ini membuatnya menjadi tujuan wisata populer bagi para pecinta alam dan penggemar satwa liar. Dengan perahu atau kapal, pengunjung dapat berlayar ke Pulau Rinca untuk mendapatkan pengalaman unik dalam melihat komodo secara langsung. Tidak hanya komodo, pulau ini juga memiliki keindahan alam yang luar biasa dengan hutan tropis yang lebat, pantai berpasir putih, dan air laut yang jernih. Namun, melihat komodo dalam habitat aslinya tetap menjadi daya tarik utama. Para pengunjung dapat melakukan trekking di sekitar pulau dengan pendampingan dari pemandu yang berpengalaman untuk menemukan komodo dan melihat langsung kehidupan mereka. Dengan mengunjungi Pulau Rinca, wisatawan tidak hanya dapat menyaksikan keberadaan komodo yang langka, tetapi juga dapat terpesona oleh keindahan alam pulau ini.

Menyelam atau snorkeling di Pulau Taka Makassar

Pulau Taka Makassar adalah destinasi yang sangat populer di Indonesia untuk menyelam dan snorkeling. Terletak di tengah-tengah Laut Flores, pulau kecil ini menawarkan keindahan bawah laut yang menakjubkan. Airnya jernih dan terumbu karangnya yang berwarna-warni menjadi rumah bagi berbagai spesies ikan dan biota laut lainnya. Ketika menyelam atau snorkeling di Pulau Taka Makassar, pengunjung dapat melihat ikan pari, ikan napoleon, dan bahkan penyu laut yang lewat. Selain itu, pulau ini juga memiliki pasir putih yang indah, sehingga pengunjung dapat bersantai dan menikmati keindahan alam yang spektakuler. Dengan keindahan alamnya yang luar biasa, tidak heran Pulau Taka Makassar menjadi destinasi favorit bagi pecinta selam dan snorkeling.

Berkunjung ke Gua Rangko yang tersembunyi di dalam hutan dan memiliki air terjun di dalamnya

Gua ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Yang membuat Gua Rangko begitu istimewa adalah keberadaan air terjun yang berada di dalam gua tersebut. Ketika masuk ke dalam gua, pengunjung akan disambut dengan suara gemericik air yang jatuh dengan indahnya. Kombinasi antara stalaktit dan stalakmit yang terbentuk selama bertahun-tahun menciptakan pemandangan yang menakjubkan. Air jernih yang mengalir dari air terjun memberikan kesan magis dan menambah keindahan gua ini. Bagi para pecinta petualangan, Gua Rangko adalah tempat yang sempurna untuk dijelajahi.

Menikmati keindahan pantai Pink Beach, yang terkenal dengan pasirnya yang berwarna merah muda

Pantai ini terletak di Pulau Komodo, yang terkenal dengan hewan komodo langka yang hanya ada di pulau itu. Ketika Anda memasuki pantai, Anda akan terpesona oleh keindahan alam yang menakjubkan. Pasir merah muda yang halus dan lembut terhampar di sepanjang pantai, menciptakan pemandangan yang tak terlupakan. Ketika matahari terbenam, pantai ini berubah menjadi adegan yang memukau dengan warna langit yang berpadu dengan pasir merah muda yang menakjubkan. Tidak hanya pasirnya yang menakjubkan, tetapi air lautnya juga memiliki warna biru yang jernih dan indah. Anda dapat menyelam atau snorkeling di perairan sekitar pantai ini dan akan disuguhi dengan kehidupan bawah laut yang mempesona. Pink Beach adalah tempat yang sempurna untuk bersantai, berjemur, dan menikmati keindahan alam yang menakjubkan.

Mengunjungi Pulau Kelor untuk trekking dan menikmati pemandangan dari atas bukit

Pulau Kelor, yang terletak di Labuan Bajo, merupakan destinasi yang sempurna bagi para pecinta alam dan petualang. Pulau ini menawarkan pengalaman trekking yang menarik dan memukau. Dengan jalur trek yang terawat dengan baik, pengunjung dapat menikmati perjalanan yang menyenangkan sambil menjelajahi keindahan alam pulau ini. Setelah mendaki bukit yang curam, kita akan dihadapkan dengan pemandangan yang menakjubkan dari atas. Hamparan pantai berpasir putih, air laut yang jernih, serta pulau-pulau kecil yang tersebar di sekitarnya akan memanjakan mata dan pikiran. Selain itu, pulau ini juga merupakan tempat yang ideal untuk menyaksikan matahari terbenam yang spektakuler. Dengan segala keindahan alam yang ditawarkan, tidak heran pulau Kelor menjadi tujuan favorit bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam Labuan Bajo.

Menyusuri aliran sungai di Desa Melo dan menikmati keindahan alam sekitarnya

Desa Melo adalah surga tersembunyi yang terletak di tepi sungai yang indah. Menyusuri aliran sungai yang jernih, saya dapat menikmati keindahan alam sekitarnya dengan sepenuh hati. Pemandangan yang menakjubkan dari pepohonan hijau yang menyejukkan mata dan terhampar di sepanjang sungai, membuat saya merasa seperti berada di dalam lukisan alam yang hidup. Suara gemericik air yang mengalir dan burung-burung yang berkicau di atas pepohonan, menciptakan suasana yang harmonis dan menenangkan. Saya juga bisa melihat beberapa warga desa yang sedang mencuci pakaian mereka di tepi sungai sambil bercengkerama, menambah kehangatan dan keakraban di tempat ini. Menyusuri aliran sungai di Desa Melo adalah pengalaman yang tak terlupakan, yang memungkinkan saya untuk menghilangkan kepenatan sejenak dan mengisi kembali energi positif dari keindahan alam sekitar.

Memancing di perairan Labuan Bajo dan menikmati hasil tangkapan di pinggir pantai

Mencoba aktivitas memancing di perairan Labuan Bajo adalah pengalaman yang tak terlupakan bagi para penggemar olahraga ini. Labuan Bajo, yang terletak di Pulau Flores, Indonesia, menawarkan perairan yang kaya akan ikan-ikan laut yang beragam. Para pemancing bisa menikmati keindahan alam laut yang masih alami serta merasakan sensasi menangkap ikan-ikan yang melompat-lompat di dalam air. Setelah berhasil menangkap beberapa ikan, tak ada yang lebih memuaskan daripada menikmati hasil tangkapan di pinggir pantai. Dengan suasana yang tenang dan pemandangan yang memesona, para pemancing dapat merasakan kebahagiaan yang tak tergantikan saat memasak dan menyantap ikan segar yang mereka tangkap sendiri. Tidak hanya itu, mereka juga dapat berbagi cerita dan pengalaman dengan sesama pemancing yang berada di sekitar pantai. Jadi, mencoba aktivitas memancing di perairan Labuan Bajo dan menikmati hasil tangkapan di pinggir pantai adalah pengalaman yang tidak boleh dilewatkan bagi para pecinta memancing.

Snorkeling dan Diving di Labuan Bajo

Pulau Mawan – Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur | Instagram @pamungkas.sams

| Baca : Pantai Penggajawa Pantai Yang Sangat Unik Dengan Hamparan Batu Hijau Biru Yang Indah Di Flores

Labuan Bajo adalah titik yang paling tepat untuk pergi sonokeling di Taman Nasional Komodo. Sonokeling di dalam taman ini menawarkan banyak kesempatan untuk melihat terumbu karang murni dengan beberapa keragaman ikan dan terumbu karang terbesar di dunia.

Taman Nasional Komodo adalah salah satu habitat laut terkaya di dunia karena banyaknya terumbu yang masih hidup dan banyak pelagis yang bermigrasi. Taman ini hanya di lepas pantai dan dapat dicapai dengan liveaboard, meskipun perjalanan bisa memakan waktu hingga dua jam.

Terdapat sekitar 25 operator selam yang menawarkan kursus menyelam. Mereka memiliki harga tetap untuk menyelam seharga Rp 1.300.000 per hari termasuk 3 kali menyelam, peralatan lengkap dan makan siang, + Rp 175.000 untuk biaya masuk Taman Nasional Komodo dan biaya selam (Rp 225.000 pada hari Minggu).

Menikmati Kuliner di Labuan Bajo

Labuan Bajo juga memiliki kekayaan kuliner yang tidak kalah menarik. Salah satu makanan khas yang menjadi favorit wisatawan adalah ikan bakar. Ikan segar yang dipanggang dengan bumbu rempah-rempah khas Labuan Bajo menghasilkan cita rasa yang lezat dan menggugah selera. Selain itu, ada juga makanan laut lainnya seperti kepiting saus padang, udang goreng tepung, dan cumi-cumi goreng. Bagi pecinta makanan pedas, Labuan Bajo juga memiliki hidangan khas berupa sambal dabu-dabu yang terbuat dari cabai, tomat, dan bawang putih yang dihaluskan. Sambal ini memberikan sensasi pedas yang segar dan sangat cocok sebagai pendamping makanan laut. Dengan kekayaan kuliner yang dimilikinya, Lauoan Bajo menjadi surganya para penggemar makanan laut yang ingin menikmati cita rasa yang otentik dan memikat.

Tersedia berbagai restoran Nasional, Cina, dan Barat di jalan utama. Ada juga banyak tempat masakan padang di sepanjang jalan utama yang layak untuk dicoba dengan harga yang murah dan rasa yang enak. Selain itu,  di seberang kantor TransNusa ada Coto Makassar.

Transportasi ke Labuan Bajo

Kota ini kecil, dan Anda dapat berjalan kaki selama sepuluh hingga lima belas menit. Jika Anda bosan berjalan, gunakan ojek dan bemo setiap lima menit. Anda dapat menyewa sepeda motor seharga Rp 100.000 per hari, karena tidak banyak sepeda motor di kota dan hanya ada beberapa skuter.

Taman Nasional Komodo meliputi banyak perairan dan pulau-pulau di sebelah barat Labuanbajo. Jika Anda ingin pergi ke Pulau Rinca atau Pulau Komodo Anda harus mengikuti tour untuk masuk. Tarif saat ini adalah Rp 225.000 ditambah pajak Rp 50.000. Setiap kelompok juga harus membayar pemandu seharga Rp 80.000. Saat Anda menyusuri jalan utama di kota hampir setiap toko adalah biro jasa  yang akan mengatur transportasi ke dan dari Rinca dan / atau pulau Komodo untuk Anda. Biasanya biaya Rp 350.000 per orang untuk paket yang mencakup wahana perjalanan pulang-pergi, dan dengan berhenti untuk snorkeling dan makan siang di pulau terdekat dalam perjalanan pulang (peralatan snorkeling dan makan siang disertakan).

2 malam / 3 hari Perjalanan dengan kapal dapat diatur dengan operator tur lokal mulai dari 700.000 sampai 2.000.000 per orang tidak termasuk biaya masuk taman, atau biaya jatah kapal. Harap dicatat bahwa tur termasuk snorkeling di sejumlah lokasi dan mengunjungi Pulau  Komodo dan Pulau Rinca. Perbedaan harga perjalanan itu sendiri biasanya identik dengan perbedaan harga yang bergantung pada musim, jumlah tamu, akomodasi tidur di atas kapal dan jenis makanan yang Anda makan.

| Baca : Pantai Koka Maumere Pasir Putih  Paling Lembut Dan Air Sangat Jernih Di Kabupaten Sikka

Hotel dan Homestay dekat Labuan Bajo

Jika Anda berencana mengunjungi Labuan Bajo, penting untuk memilih akomodasi yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan. Beberapa hotel yang direkomendasikan di Labuan Bajo antara lain Ayana Komodo Resort, Plataran Komodo Resort, dan Sudamala Resort. Plataran Komodo Resort menawarkan pengalaman menginap yang mewah dengan pemandangan laut yang spektakuler. Ayana Komodo Resort juga merupakan pilihan yang tepat dengan fasilitas lengkap, seperti kolam renang infinity dan restoran yang menghadap ke laut. Sementara itu, Sudamala Resort menawarkan pengalaman menginap yang tenang dan eksklusif dengan pemandangan indah Pulau Seraya. Dengan memilih salah satu dari hotel-hotel ini, Anda dapat menikmati liburan yang menyenangkan dan tak terlupakan di Labuan Bajo.

Ada banyak pilihan penginapan di Labuan Bajo dengan variasi harga yang ditawarkan. Tempat termurah adalah homestays lokal di dekat pelabuhan feri.

L Bajo Hotel
Alamat: Labuan Bajo, Wae Kelambu, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Tim. 86554, Indonesia
Telepon: +62 385 42151

Plataran Komodo Beach Resort
Alamat: Pantai Waecicu, Labuan Bajo, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Tim. 86757, Indonesia
Telepon: +62 812-4614-4348

Golo Hilltop Hotel
Alamat: JL Binako, Labuan Bajo, Komodo, Flores, Nusa Tenggara Tim. 86554, Indonesia
Telepon: +62 623 8541337

Bayview Gardens Hotel
Alamat: JL. Ande Bole, Labuan Bajo, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Tim. 86554, Indonesia
Telepon: +62 385 41549

CF Komodo Hotel
Alamat: Jl. Alo Tanis, Labuan Bajo, Komodo, Labuan Bajo, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Tim Nusa Tenggara, Indonesia
Telepon: +62 813-3787-6334

| Baca : Selat Pantar Di Kepulauan Alor Sebanding Laut Karibia Di Amerika Tengah

Mencapai Lokasi Ke Labuan Bajo

Labuan Bajo dapat diakses melalui udara, darat, dan laut. Lokasi yang menguntungkan di Pulau Flores dan pelabuhan masuk ke pulau Komodo membuat Labuan Bajo menjadi tujaan potensial yang berkembang, selain potensi pertaniannya yang kaya.

Melalui Udara

Transnusa Airlines dan Wings Air secara langsung menghubungkan Labuan Bajo dengan beberapa kota di Indonesia, seperti: Denpasar, Kupang, Ende, dan Mataram. Dengan penerbangan penghubung, Labuan Bajo juga terhubung dengan Kalabahi di Alor. Ini juga terhubung dengan Bajawa, Sikka, Manggarai, dan Larantuka via Ende, Kupang, Maumere, Ruteng, dan Tambolaka. Silakan kunjungi situs webnya untuk jadwal penerbangan yang lebih rinci.

Melalui Laut

Bergabung dengan salah satu liveaboards yang melayani ke Komodo dan Flores akan membuat perjalanan Anda lebih nyaman. Banyak pelancong merasa puas setelah seminggu atau lebih lama di salah satu dari sekitar kawasan timur Indonesia ini, karena mereka cukup bijak untuk memilih paket, waktu yang tepat, dan tempat terbaik. Pastikan waktu kunjungan dan kondisi cuaca saling cocok satu sama lain. Jangan pernah berspekulasi pada satu aspek yang akan membuat Anda malang.

Setiap dua minggu sekali, Tilongkabila dari PELNI adalah kapal yang berlayar dari Beno, Lembar, dan Bima.

Melalui Darat

Perjalanan darat ke Pulau Flores mahal, tetapi memungkinkan. Ini menghubungkan Labuan Bajo di bagian barat ke lokasi terkenal di bagian timur. Bis berangkat dari Denpasar, Bali, ke Mataram. Dari sana, Anda akan melakukan perjalanan darat yang jauh ke Bima, Sumbawa. Dari Bima, Anda akan pergi ke Sape, di mana Anda dapat naik feri ke Labuan Bajo.

Leave A Comment