Bukit Langkisau Painan “Pesona Sunset Menakjubkan Dan Area Paralayang”

Bukit Langkisau Painan “Pesona Sunset Menakjubkan Dan Area Paralayang”

Bukit Langkisau merupakan andalan wisata kota Painan. Terletak di pantai barat pulau Sumatera, Painan terkenal dengan bukit Langkisau yang indah dan pulau-pulau di dekatnya seperti Pulau Cingkuak (atau Pulau Monyet), Pulau Carocok, Pulau Karabak, dan Pulau Cubadak.

Bukit Langkisau, dengan pemandangan yang luar biasa memukau, muncul sebagai destinasi wisata pilihan selain Pantai Carocok yang populer di Kabupaten Pesisir Selatan. Keindahan yang ditawarkan puncak Bukit Langkisau ini semakin mempesona pada saat pergantian waktu, saat momen matahari terbit serta terbenam, menghadirkan permainan warna yang dramatis terhadap lanskap sekitar. Berdiri pada ketinggian sekitar 400 meter, bukit ini dapat diakses dengan kemudahan, berkat jalan aspal yang memungkinkan mobil dan kendaraan lainnya untuk mencapai dekat titik tertinggi. Bagi para pengunjung yang menuju ke puncak, sebuah lanjutan perjalanan singkat menanti, yakni trek kaki sejauh 25 meter melewati tangga setelah memarkir kendaraan, yang membawa anda langsung ke puncak bukit dan memanjakan mata dengan keelokan panorama alam sekitar.

Bukit Langkisau tidak hanya terkenal akan keelokan alamnya, tetapi juga sebagai destinasi populer bagi para glider dari dalam dan luar negeri untuk bermain paralayang. Acara paralayang secara rutin telah menjadi agenda di Langkisau.

Untuk pencinta pohon bersejarah, terdapat sebuah pohon berusia tiga abad di lereng Bukit yang bisa dikunjungi. Para pengunjung yang ingin lebih mendalami sejarah pohon ini disarankan untuk didampingi oleh pemandu yang expert mengenai flora di area Bukit Langkisau. Bukit Langkisau juga menawarkan berbagai aktivitas lain seperti terbang dengan flying-fox, kegiatan outbound, dan berbagai pilihan warung makan. Untuk wisatawan yang ingin menginap, terdapat fasilitas penginapan yang ditawarkan oleh warga lokal. Di puncak bukit, tersedia tempat parkir resmi dan taman kecil lengkap dengan gazebo yang ideal untuk bersantai sambil menikmati panorama.

Bukit Langkisau tidak hanya dikenal sebagai obyek wisata tapi juga populer dengan lagu minang yang ditulis oleh Nuskan Syarif. Tempat ini juga dikenal sebagai mistik untuk menanyakan sesuatu kepada orang-orang yang mempercayainya, mereka akan datang ke tempat ini karena kuburan (Tampat) yang ada di atasnya menjadi tempat mewujudkan keinginan. Di puncak bukit ada Villa dan kios tempat Anda bisa tinggal. Pada malam hari Anda bisa melihat samudra  luas yang indah dengan lampu kapal yang berkilauan saat memancing ikan dan mengelilingi kapal agar ikan bisa sampai ke kapal. Di pagi hari, Anda bisa pergi maraton karena ramai dikunjungi oleh para penggemar dan orang dewasa. Bahkan anak-anak pun akan naik ke sana untuk berolahraga.

Daya Tarik

Bukit Langkisau menawarkan beberapa daya tarik yang membuatnya menjadi destinasi wisata populer, antara lain:

  • Pemandangan Alam Eksotis: Menghadirkan panorama yang memukau dari ketinggian yang meliputi pesisir dan lembah yang hijau.
  • Spot Paralayang: Tempat ini juga terkenal sebagai arena paralayang yang banyak dikunjungi oleh para glider dari dalam dan luar negeri.
  • Pohon Bersejarah: Para pecinta alam dapat menikmati keberadaan pohon tua yang berumur hingga tiga ratus tahun di lereng bukit.
  • Fasilitas Lengkap: Telah dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti flying-fox, outbound, serta warung makanan dan jajanan untuk kenyamanan pengunjung.
  • Akomodasi: Bagi wisatawan yang ingin bermalam, terdapat penginapan yang disediakan oleh warga setempat.
  • Taman dan Gazebo: Di puncak bukit tersedia taman kecil dengan gazebo, tempat duduk yang ideal untuk menikmati pemandangan.
Bukit Langkisau Painan Sumatera Barat

Bukit Langkisau Painan Sumatera Barat | Instagram  : @Miqbal3958

| Baca : Pantai Air Manis: Mengunjungi Pantai Indah dengan Legenda Malin Kundang di Kota Padang

Fasilitas

Menawarkan sejumlah fasilitas untuk memenuhi kebutuhan pengunjungnya. Tiap fasilitas didesain untuk menambah kenyamanan serta pengalaman yang berkesan. Berikut adalah beberapa fasilitasnya:

  1. Area Paralayang:
    Bukit Langkisau adalah lokasi yang terkenal bagi para penggemar paralayang. Fasilitas dilengkapi dengan spot take-off yang aman dan landasan pendaratan yang luas, sesuai untuk pilot paralayang berbagai tingkat keahlian.
  2. Pohon Bersejarah:
    Lereng bukit terdapat pohon tua yang berumur tiga abad, menjadi ikon dan tempat menarik untuk mereka yang mencintai sejarah dan alam.
  3. Aktivitas Outbound:
    Fasilitas ini termasuk berbagai permainan dan tantangan outdoor yang didesain untuk pengembangan kepercayaan diri dan team-building, seperti permainan tali, flying-fox, dan lainnya.
  4. Warung Makan dan Jajanan:
    Berbagai pilihan warung makan tersedia di bukit, menyediakan makanan lokal dan camilan, memungkinkan pengunjung menikmati kuliner khas daerah sambil memandang pemandangan yang indah.
  5. Penginapan:
    Sejumlah penginapan yang dikelola oleh warga setempat menawarkan akomodasi yang nyaman bagi wisatawan yang ingin menghabiskan malam di Bukit Langkisau, menyediakan kesempatan untuk menikmati sunrise atau suasana malam di bukit.
  6. Taman dan Gazebo:
    Puncak bukit dilengkapi dengan taman kecil serta gazebo yang menyediakan tempat duduk santai bagi pengunjung yang ingin bersantai dan menikmati pemandangan sekitar.
  7. Area Parkir:
    Bukit Langkisau juga mempunyai area parkir yang telah ditetapkan, yang mempermudah akses pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi dan ingin menjamin keamanan kendaraannya saat mengunjungi.

Fasilitas-fasilitas ini dirancang untuk menunjang aktivitas wisata serta menjaga kenyamanan dan keselamatan pengunjung selama mengeksplorasi keindahan Bukit Langkisau.

Sebaiknya Anda menyewa sepeda motor atau taksi untuk pergi ke Painan karena Anda bisa berhenti saat Anda ingin melihat beberapa tempat yang menakjubkan, misalnya Teluk Bungus, sungai yang banyak terdapat ikan besar dan orang dilarang untuk memancingnya, Lubuak Titiak, karena Anda bisa melihat bukit yang indah dan tinggi serta Anda bisa merasakan iklim segar di sana. Bahkan, Anda bisa makan siang di Restoran tradisional di dekat sungai dan bukit.

Rute Menuju Bukit Langkisau

Tujuan pertama Anda adalah Kota Padang. Dari Padang dilanjutkan berkendara ke arah barat daya kira-kira 2 jam ke kota Painan. Dari Painan, dibutuhkan 15 menit untuk menjelajahi Bukit Langkisau.

Tapi, dimana asyiknya kalau kita naik motor atau mobil? Jangan khawatir, Anda juga bisa berjalan atau mengendarai sepeda untuk menjelajahi bentang alam. Panorama alami pepohonan dan keindahan Samudera Hindia akan memikat Anda dalam petualangan Anda ke Bukit Langkisau.

Leave A Comment